Gangguan Keseimbangan Asam-Basa dan Analisa Gas Darah


Bismillahirrahmanirrahim..

Gangguan keseimbangan asam-basa ada 4 macam, yaitu:
1. Asidosis respiratorik (contoh: PPOK)
2. Alkalosis respiratorik (contoh: asthma bronkiale)
3. Asidosis metabolik (contoh: diare)
4. Alkalosis respiratorik (contoh: muntah-muntah)

Nah, sebelum kita melakukan analisis gas darah, maka kita wajib mengetahui rentang nilai normal dan interpretasi dari tiap komponen:

1.       pH
Rentang nilai normal       : 7,35 – 7,45
Asidosis                         : <7,35
Alkalosis                        : >7,45
2.       PaO2
Rentang nilai normal       : 80 – 100 mmHg
Hipoksemia ringan          : 70 – 80 mmHg
Hipoksemia sedang         : 60 – 70 mmHg
Hipoksemia  berat           : <60 mmHg
3.    SaO2
Rentang nilai normal       : 93% – 98%
Bila nilai SaO2 >80% sudah dapat dipastikan bahwa darah diambil dari arteri, kecuali pada gagal napas.
4.       PaCO2
Rentang nilai normal       : 35 – 45 mmHg
Asidosis respiratorik       : >45 mmHg (pH turun)
Alkalosis respiratorik      : <35 mmHg (pH naik)
5.       HCO3
Rentang nilai normal       : 22 – 26 mEq/L
Asidosis metabolik          : <22 mEq/L (pH turun)
Alkalosis metabolik         : >26 mEq/L (pH naik)
6.       BE
Rentang nilai normal       : -2 s/d +2 mEq/L
Nilai – (negative)              : asidosis
Nilai + (positif)                   : alkalosis
BE dilihat saat pH normal.
Cara menentukan apakah suatu kondisi termasuk ke dalam salah satu dari 4 gangguan asam-basa di atas:
Diagram 1

Tabel 1

Pada Tabel 1 di atas, baris kecil pertama (kolom 2-4) pada tiap baris besar (kolom 1) adalah kondisi akut, dan di bawahnya adalah kondisi kronis.

Sekarang bedakan antara gangguan keseimbangan asam-basa yang belum terkompensasi, terkompensasi sebagian, dan terkompensasi penuh.

Tabel 2
Udah ngerti? Yakin? Mari kita uji dengan beberapa contoh soal di bawah ini..

1.       pH          : 7,59 (naik) Alkalosis
      PaO2     : 89 mmHg (normal)
      PaCO2   : 30 mmHg (turun) Alkalosis Respiratorik
      HCO3     : 24 mEq/L (normal)
      BE           : +3 (naik) Alkalosis
      SaO2      : 96%  (normal) darah arteri
     Jawaban:
                Alkalosis respiratorik belum terkompensasi (akut)

2.       pH          : 7,21 (turun) Asidosis
      PaO2     : 56 mmHg (turun) Hipoksemia Berat
      PCO2     : 51mmHg (naik) Asidosis Respiratorik
      HCO3     : 18 mEq/L (turun) Asidosis Metabolik
      BE           : -8 (turun) Asidosis
      SaO2      : 90% (normal) darah arteri
      Jawaban:
               Asidosis metabolik dan asidosis respiratorik dengan hipoksemia berat.

3.       pH          : 7,19 (turun) Asidosis
      PaO2     : 65 mmHg (turun) Hipoksemia Sedang
      PaCO2   : 28 mmHg (turun) Asidosis Metabolik
      HCO3     : 14 mEq/L (turun) Alkalosis Respiratorik
      BE           : -10 (turun) Asidosis
      SaO2      : 89%
      Jawaban:
                Asidosis metabolic terkompensasi sebagian alkalosis metabolik dengan hipoksemia sedang

4.       pH          : 7,36 (normal)
      PaO2     : 76 mmHg (turun) Hipoksemia Ringan
      PaCO2   : 56 mmHg (naik) Asidosis Respiratorik
      HCO3     : 30 mEq/L (naik) Alkalosis Metabolik
      BE           : -4 (turun) Asidosis
      SaO2      : 92% (normal) darah arteri
      Jawaban:
                Asidosis respiratorik terkompensasi penuh alkalosis metabolic dengan hipoksemia ringan
      NB: saat pH normal, maka BE dilihat apakah asidosis atau alkalosis.

5.       pH          : 6,84 (turun) Asidosis
      PaO2     : 55 mmHg (turun) Hipoksemia Berat
      PaCO2   : 55 mmHg (naik) Asidosis respiratorik
      HCO3     : 18 mEq/L (turun) Asidosis Metabolik
      BE           : -6 (turun) Asidosis
      SaO2      : 70% (turun) curigai bukan darah arteri
     Jawaban:
               Salah mengambil darah vena (cek ulang) karena SaO2 dibawah 80%

6.       pH          : 7,60 (naik) Alkalosis
      PaO2     : 90 mmHg (normal)
      PaCO2   : 35 mmHg (normal)
      HCO3     : 30 mEq/L (naik) Alkalosis Metabolik
      BE           : +4 (naik) Alkalosis
      SaO2      : 96% (normal) darah arteri
      Jawaban:
                Alkalosis metabolik belum terkompensasi (akut)


Gimana, pusing nggak ngerjain soalnya? Sebenarnya sih ada cara sederhananya, intinya:

1. Kalau SALAH SATU dari PaCO2 atau [HCO3-] masih NORMAL, itu berarti BELUM TERKOMPENSASI <-- AKUT
2. Kalau peningkatan/penurunan PaCO2 DIIKUTI dengan peningkatan/penurunan [HCO3-] dan pH yang DI LUAR RENTANG NORMAL maka asidosis/alkalosis TERKOMPENSASI SEBAGIAN. Namun, bila dalam keadaan tersebut pH nya NORMAL maka berarti sudah TERKOMPENSASI PENUH. <-- KRONIS
3. Kalau salah satu dari PaCO2 atau [HCO3-] ada yang MENINGKAT sedangkan yg lainnya MENURUN, berarti terjadi asidosis/alkalosis metabolik/respiratorik GABUNGAN.

Gimana sekarang, udah beneran ngerti kan? :D
Coba deh dijawab ulang lagi soal2 di atas..

Semoga bermanfaat.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

sitasinya dong kk? :)

ayuva sari mengatakan...

Boleh tau ini referensinya apa kak?

Edson_ mengatakan...

literaturnya apa ya gan?

Unknown mengatakan...

Itu menurut Henderson Haselbach, bagaimana dengan teori terkini Stewart dgn teori strong ion different? Krn HCO3 pengaruhnya sangat kecil terhadap asam basa.

Poskan Komentar