5 Tips SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2013

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu'alaikum semuanya..
SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2013 udah semakin dekat nih..
Jadi pengen flashback ke 2 tahun yang lalu saat saya ikut SNMPTN (sekarang hanya dikhususkan untuk yang undangan sehingga yang tertulis namanya berubah menjadi SBMPTN) tertulis Unsri. Sebenarnya saya juga coba ikut yang undangan, tapi nilai nggak memadai haha, pasalnya SMA saya adalah SMA swasta yang meskipun terkenal dengan alumni yang diacungi jempol SMA ini sangat jujur. Alhamdulillah, nggak salah pilih :) Kenapa saya bilang sangat jujur? Karena semua nilai nya murni, nggak ada manipulasi sama sekali, nggak ada yang tiba-tiba 90 80 padahal tadinya remedial. Bayangkan untuk nggak remed aja susah, nah kalo remed dikasih nilai standard... Selain itu, pas SNMPTN kemarin saya nggak cuma pilih Unsri, sejujurnya pilihan pertama saya kemarin itu UI. Tapi Allah swt. shows me that Unsri is where I belong, and I'm pround to be here :)
Oke, cukup 1 paragraf aja flashback nya. Kembali ke judul kita kali ini, Tips SBMPTN 2013.

1.  Persiapan
"When you fail to prepare, you prepare to fail"
Jadi, bersiaplah semaksimal mungkin, apalagi mengingat sekarang ini sedikit sekali yang diterima melalui SBMPTN 2013 Unsri, persiapan yang kita lakukan harus benar-benar maksimal. Beli buku soal-soal tahun lalu, jawab semua soalnya mulai H-2 bulan. Jangan cuma dibahas, buka kembali bab tersebut biar lebih nyantol tuh materi. Saya pribadi 2 tahun yang lalu ikut bimbel intensif, nggak cuma dapet banyak ilmu tapi juga banyak teman. Kalau sekarang sih tinggal beberapa hari lagi, jadi paling jawab yang 3 tahun terakhir aja. Yang penting juga ini cek tempat ujian sebelum hari H, biar nggak nyasar nanti dan nggak ketar-ketir nyari tempat kebingungan.. Semangat ya para calon mahasiswa Unsri 2013 khususnya FK Unsri!

2. Isilah sesuai keyakinan
Perlu diingat bahwa SBMPTN adalah seleksi, bukan bersifat evaluasi seperti halnya UN. Jadi, jangan pernah menembak jawaban, karena hal ini akan menambah nilai -1 untuk tiap jawaban yang salah. Mending nggak jawab deh daripada minus.. Tapi kalo 50:50 sih jawab aja, ada kemungkinan benar kan?
Hal ini saya terapkan saat ikut Olimpiade Komputer sama SNMPTN 2011. Dan hasilnya cukup memuaskan. Banyak lho yang kejebak disini, jangan sampai Anda salah satunya ;)

3. Tenang
Iya, saya tahu nervous itu sering dialami saat seleksi yang beginian, apalagi saingannya banyak dan yang diambil cuma sedikit. Maka dari itu, kalau melihat orang di samping atau di depan itu LJK nya sudah penuh, janganlah Anda jadi gegabah, padahal soalnya kan nggak semudah UN, jadi think positive aja, mungkin mereka jawabnya asal-asalan, dan Anda jawabnya pake strategi..

4. Berhati-hati
Nah yang satu ini nggak kalah pentingnya. Jangan sampai udah susah payah jawab, sudah mengikuti prosedur sebelum ujian seperti yang ada di artikel sebelumnya (SBMPTN 2013 Unsri), tapi sayangnya tidak jeli dalam mencermati kemungkinan kesalahan teknis. Bisa-bisa apa yang selama ini telah diusahakan malah menjadi sia-sia. Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Perhatikan agar LJK tidak kotor, basah mungkin karena keringat, rusak, ataupun terlipat. Perhatikan juga kotak-kotak warna hitam kecil yang seharusnya ada pada LJK, jangan sampai nggak ada tuh kotak-kotak kecil, karena disitu tempat mendeteksi kertasnya.
Untuk membulatkan bulatan sebagai jawaban, nggak perlu sampai full dan tanpa cacat sama sekali, karena ini akan menyita waktu saat kalian harus menghapus berkali-kali lantaran melebihi bulatan yang disediakan. Tapi juga jangan terlalu kecil karena hal ini malah akan menyusahkan karena sulit terdeteksi di alatnya nanti.

5. Berdo'a dan tawakkal
Selain usaha, harus diiringi juga dong dengan do'a kepada Yang Maha Mengetahui. Manusia hanya bisa berkehendak, Allah swt. yang menetapkan. Restu kedua orang tua dan do'a dari kakek nenek works on me! Do'a mereka itu biasanya makbul lho, ayo dicoba :)
Selain do'a tentunya tawakkal, apapun hasilnya nanti, yang pasti kita sudah berusaha, jadi serahkan semuanya kepada Allah swt. Yang Maha Adil. Kalaupun hasilnya nanti Anda belum dinyatakan lulus di Fakultas di Universitas yang Anda idamkan tersebut, Allah swt. pasti punya rencana lain yang lebih manis untuk Anda. Percayalah! :)

Well, sekian tips nya, semoga bermanfaat.
Selamat menempuh SBMPTN 2013 dan sampai jumpa :D
Wassalamu'alaikum wr wb..

0 komentar:

Posting Komentar