Sensasi OSCE Perdana

"HUAAA!"
Begitulah suara dalam kepala saya, juga suara asli, jam-jam menuju OSCE.
Ya, di tahun kedua ini, kami baru mulai dapet OSCE. Bertambah lagi dah jenis ujian nya, yg kemarin cuma (cuma??) MCQ IT, MCQ Integrasi (dulunya angkatan sebelum kami SOCA), sama OSPE (baru mulai di angkatan kami), sekarang ditambah OSCE. Jadi 4 jenis deh. Dan pada OSCE perdana ini, tiap meja/pos itu dikasih waktu 4 menit. So, total waktu nya adalah 20 menit, yang bener-bener gak kerasa!
Di blok-blok awal memang sudah ada skill lab, tp ya masa' membaca cepat, slh 1 contohnya, di-OSCE-in? wkwk.

TEGANG. Satu kata yang gue rasain baik sebelum maupun pas OSCE nya beneran. Ya pasca-OSCE udah ga tegang lagi lah ya.. Yang ada malah lega, entah bagaimanapun proses di dalam ruangan sana tadinya, yang pasti lega udah ngelewatin 1 prosesi ujian lagi haha ckck.

Jadi tadi gue dapet Jalur I, yang kata mbak-mbak di luar tadi dosennya pada pelit nian.. Hiks, benar saja, ternyata ada sang ketua blok, yg notabene juga termasuk killer, disana.

Pos I: Anamnesis
Disini gue selesai cepet bener dah. Abis, ya gue ngikutin checklist yg beredar sebelumnya. Dibilang kemarin kalo melakukan lebih dari yang disitu ya percuma. Eeeh ternyata pas udah selesai banyak yg bilang seharusnya ditanyain beneran kayak anamnesis biasa. *Jleb!*

Pos II: Pemeriksaan fisik umum
Nah, malu bener dah disini gue gak ngiket manset untuk ngukur tekanan darahnya dengan bener. Gugup, man! Entah apa yg di pikiran gue saat itu ckck. Alhamdulillah di pos ke-2 ini selesai semua, pas bener baru mau bilang rumus IMT udah bel. Tapi kayaknya dapet deh itu poin nya.. Aaamiin..

Pos III: Pemeriksaan fisik thorax dan ekstremitas
Huhuhu, kali ini gue ngelakuin kesalahan fatal. Untung pengujinya masih ngingetin :'
Tau apa kesalahannya? Gak nyuruh tuh probandus ngebuka sedikit bajunya! Untung saat itu masih di stem fremitus, jadi gue ulangin lagi dah stem fremitus nya. Nah pas ke ektremitas baru juga mengukur kekuatan otot ekstremitas, baru jabat tangan, eh udah bel. Jadi belum sempet periksa kuku apakah koilonikia atau tidak, sianosis, clubbing finger, sama tremor. Hiks.
Oh iya, beberapa teman, yang sebelum aku deh kayaknya, gak baca soal lagi, alhasil dia kira itu pemeriksaan kepala dan leher sama abdomen soalnya di petunjuk urutannya sebelum thorax dan ekstremitas. Wah wah, kena bentak sang ketua blok dikit dah tuh. Untung gue baca..

Pos IV: Pemeriksaan kepala, leher, dan abdomen
Jadi di pos ini ceritanya gue ter-skip meriksa JVP (tekanan vena jugularis). Padalah pas latihan itu kami bener-bener meragain di probandus, yg juga teman kami. Tapi selain JVP itu semuanya beres. Pas banget pas auskultasi bising usus itu bel bunyi, jadi agak gak nyesel karena kalo ngelakuin yg JVP mungkin 2 yg terakhir bisa ga dapet. Yang bikin agak jleb juga tuh 2 penguji yang sebelahan ngobrol sambil ketawa-ketiwi gitu, entah dah ngetawain apa atau siapa, semoga bukan gue.. Amin..

Pos V: Anamnesis anak
Fyuh, sampe juga di pos terakhir. Daan, gue salah masuk station, hampir aja kebingungan. Yang seharusnya masuk station 1 malah masuk station 2 gue, untung dokternya nanya dulu gue bener ga di jalur 2, padahal kan gue jalur 1, ckck.
Naah, karena sedikit shocked salah station, pas masuk station yang bener gue malah lupa cuci tangan! Hadeeh, padahal di pos sebelumnya itu gue cuci tangan terus sampe-sampe lupa dikeringin -___- (tapi wastafel nya khayalan lho..)
Disini gue anamnesis nya hampir sama kira-kira sama yang pos pertama, padahal sebenernya bisa ditambahin riwayat penyakit dahulu, riwayat penyakit keluarga, riwayat makanan, dan imunisasi. Glek, gue melupakan yg 2 terakhir! zzz, jadi agak krik-krik karena cepet selesai.. Tapi untung dokternya ngingetin dikit-dikit, well dikit banget sih..

Kesimpulannya, di tiap pos gue ga ada yang lancar T,T
Tapi tetap optimis, berharap ada keajaiban seperti misalnya dosen pengujinya lagi happy atau melihat wajah tegang saya jadi ngasih nilai nya ga di bawah standar.. Well, I was hoping that I could get an A, or at least B. Back then I didn't know it would turn this way. Now even a B would be nice .____.

First OSCE, done! Now there's only 1 exam left, which is tomorrow. Fight!

0 komentar:

Posting Komentar